5 Objek wisata yang tidak boleh dilewatkan di kota jogja

Indonesia
5 Objek wisata yang tidak boleh dilewatkan di kota jogja

Yogyakarta selalu menjadi kota yang padat wisatawan saat masuki musim libur. Sesuai sama namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta, kota yang masih kental sama adat dan nuansa keraton ini menjadi sangat istimewa dimata pengunjung.

Selain wisata bertema adat, Jogja juga dikenal dengan wisata alam budaya, wisata belanja, dan wisata kuliner. Jogja menyuguhkan berbagai pesona yang dapat dinikmati semua kalangan. Dari candi, pantai, sampai pusat perbelanjaannya menjadi destinasi wisata yang menarik.

Penduduk lokalnya yang sangat ramah dan biaya hidupnya yang masih murah menambah kesan istimewa dari Jogja. Banyak wisata di Jogja yang dapat dinikmati tanpa merogoh kocek yang mahal juga, bahkan ada yang gratis.

1. Tugu Jogja

Tugu Pal Putih ialah nama lain dari Tugu Jogja yang banyak terkandung makna dan filosofi pada tugu itu. Lokasi Tugu Jogja berada pada jalan Jenderal Sudirman dan Margo Utama yang letaknya ada di perempatan jalan yang miliki simbolis tentang Jogja.

Tugu Jogja sekarang jadi objek pariwisata yang banyak yang dikunjungi sama wisatawan rasanya tidak lengkap kalau berkunjung ke Jogja tanpa berfoto di tempat ini. Sebab sebagian pengunjung luar daerah rasanya tidak lengkap kalau tidak mampir ke tempat ini.

2. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau yang sebetulnya dikenal sebagai kompleks kerajaan ini terletak di atas bukit yang tinggi pada desa Bokoharjo, yaitu sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut. Gerbang masuknya yang ikonik, hamparan rumput yang indah dan luas, paseban, goa, bekas pendopo, serta keputren dengan kolam yang amat unik bakal manjakan mata Anda.

Kompleks candi ini begitu luas yakni mencapai 25 hektar. Anda dapat nikmati sunset terbaik di kompleks ini. Lokasinya tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan. Apabila mau masuk ke candi ini, Anda mesti bayar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik dan 25 USD untuk wisatawan mancanegara. Di Candi Ratu Boko kita dapat mengenal lebih jauh tentang sejarah di masa lalu peninggalan masa kejayaan kerajaan di Jaman dahulu.

 

3. Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru lokasinya berada pada sisi barat Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu di Kulon Progo yang begitu diminati sama para wisatawan berbagai daerah. Rute menuju objek wisata di Kalibiru ini tidaklah sulit dan medannya mudah dituju terutama kalau melewati Waduk Sermo yang indah panoramanya.

Tapi kalau kita sampai datang ke lokasi ini kita bakal langsung puas dengan pesona keindahan wisata Kalibiru. Berbagai fasilitasnya sudah disiapkan sama pengelola untuk kenyamanan bagi para pengunjung untuk main game pada agen slot online seperti homestay, camping ground, arena outbond, sampai tempat makan.

4. Alun-Alun Kidul

Alun-alun merupakan ciri khas identitas di tiap kota dan kota Jogja menawarkan pesonanya terutama di saat menjelang malam hari. Alun-alun selalu ramai banyak di padati oleh pengunjung di malam hari dengan kehadiran suasana yang hangat dan kita dapat nikmati kuliner yang di jajakan di sepanjang jalan.

Lokasi Alun-alun Kidul terletak di Selatan kota Jogja tepatnya di Jl. Alun-alun Kidul, kita bisa menikmati suasana khas yang berbeda. Di tempat ini selalu dipadati pengunjung dari warga Jogja sampai luar daerah karena tempatnya yang klasik dan romantis.

5. Watu Lumbung

Watu Lumbung ialah salah satu destinasi wisata yang disarankan untuk dikunjungi dan berwisata edukasi di Jogja dengan cara yang unik dan mengasyikkan. Di tempat ini banyak terdapat perpustakaan yang sederhana tapi lengkap disini kita dapat belajar berbagai hal dan dapat lakukan persembahan buku.

Persembahan minimal 3 buku jadi kita bakal peroleh reward berupa merchandise gratis, minuman bahkan makanan selain itu kita dapat menanam pohon disini. Musik akustik bisa kita nikmati di hari Jumat yang diadakan di Watu Lumbung dan kita dapat dengarkan alunan musik yang memecah syahdu di kehangatan suasana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *