3 wisata yang harus dikunjungi di Aceh

Indonesia
3 wisata yang harus dikunjungi di Aceh

Sebagai provinsi yang terletak paling Barat dari Indonesia dan merupakan pintu gerbang menuju daratan Sumatra dari sisi utara, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam jadi salah satu destinasi wisata untuk anda yang tertarik sama wisata religi maupun edukasi terkait tsunami.

Kota Banda Aceh yang merupakan ibukota Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam juga sering dikenal dengan nama Serambi Mekah. Berikut rekomendasi tempat wisata terbaik di Kota Banda Aceh buat kamu.

1. Taman Sari Gunongan dan Pinto Khob

Apabila India punya Taj Mahal, jadi Banda Aceh punya Taman Sari Gunongan. Keduanya sama-sama merupakan simbol cinta dari para raja untuk permaisurinya. Objek wisata di Banda Aceh ini terletak di dalam kompleks Taman Sari Bustanussalatin Banda Aceh yang dilalui oleh Sungai Krueng Daroy.

Destinasi wisata Banda Aceh ini khas dengan bangunan yang dinamakan Penterana Batu. Penterana Batu merupakan kursi yang berbentuk kelopak bunga yang mekar. Selain Penterana Batu, taman ini juga dilengkapi sama ‘Kandang Baginda’ yang merupakan lokasi pemakaman keluarga Sultan Kerajaan Aceh. Tidak jauh dari bangunan utama Gunongan, terdapat Pinto Khob merupakan pintu penghubung antara Taman Sari Gunongan dan Istana. Tempat wisata di Banda Aceh satu ini cocok sekali untuk anda yang suka foto karena landscape nya yang indah.

2. Wisata Religi dan Arsitektur Masjid Raya Baiturrahman

Sejarah Aceh tidak dapat lepas dari peradaban dan budaya Islam. Masjid Raya Baiturrahman merupakan simbol agama, budaya, semangat, perjuangan, dan nasionalisme rakyat sebab masjid itu selamat dari bencana tsunami pada 26 Desember 2004 silam menjadi tempat evakuasi warga.

Objek wisata religi di Banda Aceh ini khas dengan kubah besarnya yang berwarna hitam dan dilengkapi dengan 12 payung elektrik di halaman masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah. Masjid dapat menampung sampai 30.000 orang.

Wisatawan yang berkunjung ke masjid ini biasanya menghabiskan waktu dengan mempelajari sejarah masjid, menikmati keindahan arsitekturnya, dan mengabadikan foto di kawasan masjid.

3. Pantai Lampuuk

Pantai yang memiliki garis pantai sepanjang 5 kilometer ini berpasir putih, air laut berwarna biru kehijauan, dan ombak yang bersahabat untuk para peselancar. Selain pemandangan laut, pengunjung juga dapat nikmati pemandangan pepohonan pinus yang rimbun dan daratan pegunungan yang hijau dan juga main game di Agen slot online. Yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya, pengunjung dapat nikmati panorama matahari terbenam yang indah sebab destinasi wisata di Banda Aceh ini menghadap ke Samudera Hindia.

Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di kawasan objek wisata di Banda Aceh ialah berjemur, bermain istana pasir, berselancar, bermain banana boat, dan mengunjungi konservasi penyu. Fasilitas yang tersedia di sekitar pantai ini ialah tempat makan dan minum serta penginapan dari kelas losmen sampai cottage untuk wisatawan. Untuk akomodasi menuju Pantai Lampuuk, disarankan untuk gunakan kendaraan pribadi atau merental kendaraan sebab masih belum ada akses transportasi umum ke wisata di Banda Aceh ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *